Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Surya dan Benda-Benda Langit | 48fredy

Tata Surya dan Benda-Benda Langit
Tata Surya. Terdiri atas Matahari, 8 Planet Utama, Asteroid, Komet, serta Planet Kerdil.

Hai Sobat 48fredy!

Ujian Nasional SMP tinggal seminggu lagi, apa saja yang harus dipersiapkan? alat tulis, penghapus, kesehatan, dan tentu saja, materi-materi yang perlu kita kuasai. Berhubung saya juga salah satu peserta UN nanti, tidak ada salahnya kan sedikit berbagi ilmu kepada sobat 48fredy. Berdasarkan request, salah satu materi yang ingin dijelaskan adalah tentang Tata Surya dan Gejala Astronomi.

Sedikit tentang tata surya, Tata Surya (Solar System) merupakan sebuah gugus planet dan benda-benda langit lainnya yang tertarik gravitasi Matahari. Tata Surya terletak di galaksi Bima Sakti, tepatnya di lengan galaksi Orion-Cygnus. Tata Surya di batasi oleh awan oort dan sabuk kuiper sebagai ujung dari Tata Surya.


A. Benda-Benda Langit

Tata Surya ini terdiri atas 5 macam benda langit. Bintang bernama Matahari sebagai pusat tata surya, 8 planet utama, batuan angkasa (asteroid), komet, dan planet kerdil.

I. BINTANG
Matahari merupakan satu-satunya bintang di tata surya. Benda langit di tata surya bergerak mengelilingi matahari. Matahari sendiri sebagai sebuah bintang di Galaksi Bima Sakti bergerak mengelilingi lubang hitam super massive, sebagai pusat galaksi.

II. PLANET-PLANET UTAMA
1. Planet Merkurius
Merkurius merupakan planet terkecil di tata surya dan terdekat dari matahari. Jarak antara matahari dan merkurius adalah 0,4 AU (Astronomical Unit/Satuan Astronomi). Merkurius tidak memiliki satelit alam.

2. Planet Venus
Venus merupakan planet kedua dari tata surya. Planet Venus memiliki kemiripan terdekat dengan bumi, yaitu berdasarkan ukuran planetnya dan permukaannya yang berupa batuan. Jarak antara matahari dan venus adalah 0,7 AU.

Di Venus terjadi efek rumah kaca di akibatkan besarya konsentrasi gas CO2 di atmosfernya, menjadikan suhu udara di Venus mencapai 400°C. Venus sering di sebut sebagai Bintang Kejora. Venus tidak memiliki satelit alam.

3. Planet Bumi
Bumi merupakan planet ketiga dari tata surya. Planet bumi terdiri atas 70% Nitrogen, dan 20% Oksigen sisanya merupakan gas-gas lain. 2/3 dari permukaan bumi adalah air, sisanya batuan padat. Jarak antara matahari dan bumi adalah 1 AU. Bumi memiliki sebuah satelit alam bernama Bulan.


4. Planet Mars
Mars adalah planet ke-4 dari tata surya. Sering disebut planet merah karena warna permukaannya. Di planet mars, terdapat Gunung Olympus setinggi 24 km yang merupakan gunung tertinggi di tata surya. Jarak antara matahari dan mars adalah 1,5 AU. Mars memiliki 2 satelit alam yaitu Phobos dan Deimos.

5. Planet Jupiter
Jupiter adalah planet kelima dari tata surya sekaligus planet terbesar di tata surya. Planet ini sebagian besar terdiri dari gas, dan inti batuan padat kecil di pusatnya. Jupiter berjarak 5,2 AU dan memiliki 63 satelit alam, yang terbesar diantaranya; Ganymede, Callisto, Io, dan Europa.

6. Planet Saturnus
Planet Saturnus merupakan planet ke-6 dari tata surya. Planet ini boleh di bilang sobat 48fredy sebagai planet yang paling terkenal karena cincin-nya yang terbuat dari es. Saturnus berjarak 9,5 AU. Saturnus memiliki 60 satelit alam, yang terbesar, Titan, memiliki atmosfir sendiri.


7. Planet Uranus
Uranus merupakan planet ke-7 dari tata surya.Sama seperti Jupiter dan Saturnus, Uranus juga terdiri dari gas. Uranus memiliki 10 lapis cincin - lebih banyak dari saturnus. Namun cincin-cincin itu sangatlah tipis dan sering tidak terlihat. Uranus berjarak 19,6 AU dari matahari. Uranus memiliki 27 satelit alam, yang terbesar, Titania, Oberon, Umbriel, Ariel, dan Miranda.

8. Planet Neptunus
Neptunus merupakan planet terakhir dari tata surya. Berjarak 30 AU dari matahari. Planet ini memiliki 13 satelit alam. Yang terbesar adalah Triton.

III. ASTEROID
Asteroid pada umumnya
Asteroid merupakan kelompok batu-batuan angkasa, yang terletak diantara orbit Mars dan Jupiter. Ukuran dan bentuk asteroid dapat bermacam-macam. Mereka juga berputar mengelilingi matahari.

IV. PLANET-PLANET KERDIL
1. Planet Luar Neptunus
4 TNO yang kita ketahui: Eris, Pluto, Makemake, dan Haumea.
 TNO (the Trans-Neptunian Object/Objek Luar Neptunus) adalah planet-planet di luar neptunus yang masih masuk ke dalam tata surya. Sobat 48fredy, planet-planet TNO diantaranya Eris, Pluto, Makemake, dan Haumea.


2. Planet Asteroid
Ceres, planet kerdil yang terdapat di antara orbit Mars-Jupiter
Planet Asteroid adalah asteroid-asteroid yang memiliki ukuran sangat besar yang dapat di ibaratkan sebagai sebuah Planet. Salah satu planet asteroid adalah Ceres, yang memiliki diameter 1000 km, berbentuk bola, dan memiliki gravitasi.

V. KOMET
Komet dengan ekornya yang terbuat dari es dan debu.
Komet atau Bintang berekor adalah benda langit yang tersusun atas es dan batu-batuan serta debu dan gas, yang menjelajah mengelilingi tata surya. Orbit Komet bentuknya sangat lonjong. Ekor komet selalu mengarah keluar tata surya di akibatkan dorongan dari matahari.

NOTE UNTUK PLANET:
Planet yang dibatasi oleh sabuk asteroid

Planet dalam: Merkurius, Venus, Bumi, Mars
Planet luar: Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus

Planet yang dibatasi oleh bumi
Planet inferior: Merkurius, Venus
Planet superior: Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus

Planet berdasarkan permukaannya
Planet terrestrial/batuan: Merkurius, Venus, Bumi, Mars
Planet jovian/gas raksasa: Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus


Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga mudah di mengerti oleh sobat 48fredy!

Posting Komentar untuk "Tata Surya dan Benda-Benda Langit | 48fredy"